tas kertas, tas murah, tas kertas murah, kantung makanan, tas distro,tas furing, paper bag, tas plastik, tas plastik murah

Wirausahawan Muda dari Jogja, Produsen Paper Bag dan Spunbound Dengan Omset Ratusan Juta

founder-arena-tas-kertas

Go green menjadi istilah yang mendunia, tidak terkecuali terhadap trend bisnis saat ini. Produk-produk ramah lingkungan saat ini berpotensi besar sering dengan banyaknya komponen yang menyuarakan gerakan cinta lingkungan.

Dan belakangan ini pengolahan produk dari bahan daur ulang, menjadi trend di berbagai produk kerajinan. Tak hanya kerajinan tas, produk lainnya, semisal sandal, tempat tisu, kotak kado, vas bunga, dan keranjang ramah lingkungan, pun ada.

Anung Rikwan salah satu Owner CV Arena Tas Kertas dengan beralamat di Yogyakarta. Dengan produk nya berupa tas kertas, furing bag atau spunbound dan gift box. Seluruh produk tersebut menggunakan bahan yang bisa didaur ulang dan lebih ramah lingkungan dari pada penggunaan kantung kemasan yang berbahan dasar plastik.

Fokus dari arenataskertas sendiri adalah pada produk yang menggunakan bahan kertas. Tas kertas dibuat dengan bahan kertas kraft coklat, kraft putih, ivory dan kertas BC. Penggunaan bahan kraft sebagai bahan yang ramah lingkungan dan memiliki keuletan dan kekuatan dari bahan-bahan kertas lainnya.

“Arena tas kertas mencoba menjadi alternatif kemasan ramah lingkungan sebagai pengganti tas plastik” kata Anung. Tas kertas lebih mudah terurai dibandingkan kantong berbahan plastik yang relatif sulit terurai di tanah. Kapasitas produksi arena tas kertas mencapai 120.000 unit per bulan.

Selain ramah lingkungan arena tas kertas memiliki misi memberdayaan masyarakat, yaitu dengan memberikan pendidikan dan pelatihan dalam membentuk tas kertas dan gif box. “Ada sekitar 40 kepala keluarga yang bisa mendapat penghasilan tambahan dari keterlibatan mereka dalam produksi ini,” ujarnya.

Untuk harga produk tas kertas dari Rp 450 hingga Rp 1.350 per unit, ada juga yang kisaran Rp 3400 hingga Rp 5900. Sedangkan untuk harga jual gift box sangat variatif dari Rp 2000 hingga puluhan ribu rupiah. Sedangkan spunbound atau tas furing antara Rp 2000 hingga Rp 6500.

Harga jual produk ramah lingkungannya relatif murah karena beberapa komponen pembiayaan yang menggunakan bahan yang didaur ulang, selain itu produk yang kami buat telah dioptimasi sehingga tidak menyisakan bahan-bahan sisa/sampah.

Sistem marketing yang unik (sistem online melalui situs arenajualbeli.com dan arenataskertas.com) telah membuat arena tas kertas cepat dikenal dan tersebar di kota-kota besar di Indonesia, seperti Aceh, Batam, Medan, Padang, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan tersebar hampir mencapai 30 propinsi. Tak hanya pesanan lokal, pesanan dari negara-negara lain seperti Rusia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam sudah kerap menjadi pelanggan arena tas kertas.

Meski dengan sedikit malu Anung menuturkan bahwa omset tiap bulan mencapai 9 digit, dan dengan potensi yang berkembang saat ini Anung yakin arena tas kertas bisa mencapai omset yang lebih besar bahkan target di tahun 2012 mendatang mampu mengantongi omset lebih dari 9 digit. (dikutip dari girlycious.com)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published.

top