tas kertas, tas murah, tas kertas murah, kantung makanan, tas distro,tas furing, paper bag, tas plastik, tas plastik murah

Black Campaign Ancam Industri Kertas dan Paper Bag

Industri kertas dan turunannya yakni paper bag saat ini berkembang pesat di Indonesia, namun produk kertas dan bubur kertas ini mendapatkan banyak halangan dalam pengembangannya dengan adanya black campaign.

“Saat ini produk pulp and paper, paper bag Indonesia sangat diminati oleh konsumen luar negri. Indonesia salah satu yang diperhitungkan dalam persaingan internasional. Namun belakangan banyak isu negatif yang dilontar ke perusahaan. Mereka menggunakan LSM asing untuk menyudutkan kita. Dan saya rasa ini salah satu bagian untuk menghancurkan industri pulp tanah air,”

Menurut dia, Indonesia mempunyai banyak keunggulan dalam penyediakan bahan baku kertas dan turunannya. “Keunggulannya yakni kita berada di wilayah tropis. Dimana setiap hari kayu akasia bisa terkena matahari. Di Indonesia juga musim penghujan. Sehingga dalam waktu sekitar 5 sampai 6 tahun kayu akasia sebagai bahan baku sudah bisa dipanen,” katanya.

“Berbeda dengan negara-negara penghasil pulp lainnya seperti Amerika dan negara Eropa lainya. Disana, mereka baru bisa panen bisa memakan waktu sekitar 20 tahun,” tukasnya.

Jika memang ada masalah lingkungan, perusahaan siap berdiskusi dengan LSM yang menggangap perusahaan selalu salah. Selain itu, keunggulan Indonesia adalah jarak waktu untuk memasarkan produk juga sangat singkat.

“Kalau negara seperti Brazil, membutuhkan waktu sekitar 30 hari dalam pengkapalan. Kalau kita hanya dalam waktu 10 hari sudah sampai,” tukasnya.

Kadang LSM hanya sebagai alat kepentingan negara lain untuk menjatuhkan persaingan, mari kita dukung usaha dalam negeri, dan paper bag sebagai bagian dari ekonomi kerakyatan indonesia yg bisa bersaing di level internasional (sindonews.com)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published.

top